LISTRIK KOIL TERJADI KEBOCORAN

Untuk kendaraan yang sudah berusia lanjut sering mengalami hal seperti ini yakni listrik koil loncat pada kutub minus atau plus coil, bahkan sering kali terlihat pada kabel busi, hal ini akan terlihat jelas pada waktu malam hari/gelap, pijaran api loncat dari output koil ke kutub min/plus koil, atau bisa juga kabel busi yang terlihat menyala.

Penyebab Listrik koil bocor atau loncat sebelum mencapai busi sebenarnya hal mudah saja, yakni hanya konektor saja. Listrik loncak mencari Kutub terdekat yang memiliki beda potensial besar ke ground/body jadi semakin dekat hubungan ke ground maka makin jadi sasaran listrik loncat. Jadi loncatan bunga api pada koil sering disebabkan busi mati atau kabel busi putus.

Langkah-langkah penanganan:

1. Cek Busi. Cek busi apakah salah satu ada yang sudah mati/rusak.

2. Cek Kabel Busi. Ukur hambatan kabel busi yang sering putus salah satu besar tahanan tidak boleh melebihi 16 kilo ohm(Lihat spesifikasi data mesin).

3. Cek Arah Rotor. Cek posisi top dan timing pengapian bisa jadi arah rotor salah/kurang pas saat terjadi percikan api.

4. Koil Retak. Sebaiknya ganti baru dan original.

Semoga bermanfaat

dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: