Cara Merawat rantai Sepeda Motor


Rantai motor merupakan salah satu komponen penting yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara sepada motor.

Berikut cara atau beberapa kiat merawat rantai sepeda motor :

1. Periksalah bagian-bagian lain rantai secara teliti. Salah satu bagian yang perlu diperiksa adalah bagian pin dan sambungan apakah pemasangannya sudah benar. Perhatikan apakah ada perubahan posisi pin dan sambungan, jika terjadi kesalahan dalam pemasangan atau posisi pengunci berubah dapat menyebabkan rantai lepas ketika sepeda motor dipacu dalam kecepatan tinggi serta memacu sepeda motor dengan beban berat.

2. Ukurlah tingkat kekencangan pada rantai. Jarak simpangan atau ukuran kekencangan dapat mempengaruhi kencang atau kendurnya rantai. Informasi tentang hal ini dapat dilihat pada stiker yang tertempel di sekitar rantai roda.

3. Jika rantai motor menggunakan penutup, aturlah posisi rantai dengan penutupnya agak renggang. Hal ini akan menghindari terjadinya gesekan antara rantai dengan penutupnya sehingga dapat mengurangi keluarnya suara bising.

4. Pilihlah pelumas yang tepat untuk rantai anda. Hal ini akan membantu mengurangi keausan rantai dari gesekan dan membuat umur rantai lebih awet.

5. Segera periksa jika terdengar suara-suara aneh yang terdengar dari ranti sepeda motor. Biasanya, salah satu penyebab timbulnya suara adalah karena longgarnya rantai sepeda motor.

6. Periksalah kebersihan rantai sepeda motor, perawatan rantai sepeda motor agar tetap bersih perlu dilakukan secara berkala. Hal ini penting karena dapat mempengaruhi kekuatan rantai sepeda motor.

1 Komentar

  1. Gimana agar rantai tidak cepet kendor?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: